Tafsir Surat Al-Haqqah Ayat-17

17. وَٱلْمَلَكُ عَلَىٰٓ أَرْجَآئِهَا ۚ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَٰنِيَةٌ

wal-malaku ‘alā arjā`ihā, wa yaḥmilu ‘arsya rabbika fauqahum yauma`iżin ṡamāniyah
17. Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.

Tafsir :

Langit adalah makhluk Allah yang paling luas yang bisa disaksikan oleh manusia. Adapun makhluk Allah Subhanahu wa ta’ala yang lebih besar daripada langit itu masih banyak, namun kita tidak bisa melihatnya. Di antaranya adalah kursi Allah Subhanahu wa ta’ala yang luasnya meliputi langit dan bumi, kemudian ada pula ‘Arsy Allah Subhanahu wa ta’ala yang lebih luas daripada itu semua.

Allah Subhanahu wa ta’ala mengatakan bahwa pada hari itu malaikat-malaikat berada di seluruh penjuru langit, yang mereka siap turun ke atas muka bumi.

Adapun firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ

“Dan pada hari itu delapan malaikat menjunjung ‘Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka.”

Para ulama khilaf tentang maksud delapan dalam ayat ini. Sebagian ulama mengatakan, delapan yang memikul ‘Arsy maksudnya adalah delapan malaikat. Sebagian yang lain mengatakan maksudnya adalah delapan ribu malaikat. Bahkan ada pula yang mengatakan maksudnya adalah delapan baris malaikat. Intinya ini menunjukkan bahwa ‘Arsy Allah Subhanahu wa ta’ala adalah makhluk Allah yang paling besar ([1]). Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

مَا السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ مَعَ الْكُرْسِيِّ إِلَّا كَحَلْقَةٍ مُلْقَاةٍ بِأَرْضٍ فَلَاةٍ وَفَضْلُ الْعَرْشِ عَلَى الْكُرْسِيِّ كَفَضْلِ الْفَلَاةِ عَلَى الْحَلْقَةِ

Tidaklah tujuh langit dibandingkan kursi (Allah) kecuali seperti cincin yang dilemparkan di tanah lapang dan besarnya ‘Arsy dibandingkan kursi adalah seperti tanah lapang dibandingkan dengan cincin.”([2])

Langit jika dibandingkan dengan kursi Allah Subhanahu wa ta’ala, ibarat cincin yang dilemparkan di tanah lapang. Dan tidaklah kursi Allah Subhanahu wa ta’ala jika dibandingkan dengan ‘Arsy melainkan seperti itu pula. Artinya ‘Arsy Allah Subhanahu wa ta’ala sangatlah besar, dan pada hari kiamat akan dipikul oleh malaikat, baik itu delapan malaikat, atau delapan ribu malaikat, atau bahkan delapan baris malaikat.

_______________

Footnote :

([1]) Lihat: Tafsir Al-Qurthubi 18/266

([2])  HR. Ibnu Hibban no. 361, dikatakan sahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Hadits Ash-Shahihah no. 109