Tafsir Quran Surat Al-Humazah Ayat-3

يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ

Latin: yahsabu anna maalahu akhladahu 

3. Arti: “Dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya”

Tafsir Surat Al-Humazah Ayat-3

Anggapan seperti ini ternyata banyak dianut oleh manusia, seakan-akan dia mengira bahwa harta yang banyak akan membuat dia bisa bertahan hidup lebih lama dan menambah umur mereka. Padahal ini anggapan seperti ini adalah anggapan yang keliru. Karena hal tersebut justru seakan-akan membuat umurnya serasa menjadi pendek. Karena dia sibuk memikirkan hartanya, sehingga menimbulkan banyak kesusahan di dalam dirinya. Mengumpulkan harta itu susah, ditambah dia harus menjaganya, lalu dia selalu menghitung-hitungnya, dan pada dirinya ada rasa pelit, sehingga ini makin membuat hidupnya gelisah.

Padahal orang yang berinfak dengan hartanya di jalan Allah, merekalah yang akan dipanjangkan umurnya oleh Allah terutama jika dia gunakan untuk bersilaturahmi. Hal itu karena dia merasa lebih tenteram, harta yang diberikan oleh Allah kemudian dia keluarkan di jalan Allah maka dia yakin bahwasanya harta yang dia keluarkan tersebut tidak sia-sia. Sehingga anggapan mereka yang suka menghitung-hitung harta akan memanjangkan umur adalah salah.

Harta yang mereka miliki sebanyak apapun tidak akan memperpanjang umur mereka meskipun hanya sedetik. Banyaknya mobil, banyaknya aset, banyaknya rumah, banyaknya dollar, milyaran, trilyunan tidak akan menunda kematian mereka meski hanya sedetik.