Pengaruh Inflasi Terhadap Nishab Zakat

Pengaruh Inflasi Terhadap Nishab Zakat

Perlu diketahui bahwa inflasi mata uang tidak mempengaruhi harta-harta zakat yang telah disebutkan nasnya seperti, emas, perak, zakat peternakan, biji-bijian, dan buah-buahan. Kapan pun harta tersebut telah mencapai nisabnya maka dia wajib dikeluarkan zakatnya apa pun kondisinya.

Adapun pada mata uang, di mana yang menjadikan acuan nisabnya adalah nilai mata uangnya, maka inflasi mempengaruhi nisab mata uang. Di mana ia membuat nilai mata uang sebelumnya menjadi menurun ketika terjadi inflasi. ([1])

Contoh kasus: Pada tanggal 1 Rajab tahun 1441 seseorang memiliki uang senilai 80 juta rupiah. Nisab mata uang saat itu mengikuti nilai emas yang nisabnya jika dirupiahkan adalah 75 juta rupiah, maka saat itu uang yang dimiliki olehnya telah mencapai nisab. Kemudian pada tanggal 1 Rajab 1442 terjadi inflasi yang menyebabkan nilai emas naik sehingga nisabnya menjadi 100 juta rupiah. Maka pada saat itu uangnya yang telah mencapai 1 haul telah mengalami pelemahan mata uang dan tidak mencapai nisab lagi, sehingga saat itu dia tidak wajib untuk mengeluarkan zakatnya.

Footnote:

__________

([1]) Lihat: Nawazil az-Zakah hlm. 78-79.