9 Manusia Modern Yang Kini Disembah

9 Manusia Modern Yang Kini Disembah

Dalam sejarah peradaban manusia, perilaku mendewakan seseorang hingga derajat menjadikan orang tersebut sebagai sembahan bukanlah sesuatu yang asing. Sejarah membuktikan bahwa individu seperti Sidharta Gautama, Konfusius, dan Isa ‘alaihissalam, asalnya hanyalah merupakan manusia biasa yang kemudian kedudukan mereka diangkat menjadi sembahan dan tempat meminta oleh manusia-manusia yang lain.

Sekarang ini kita juga dapat menyaksikan bahwa sikap tersebut, yaitu mengangkat manusia biasa kepada derajat yang disembah juga masih berlaku. Berikut beberapa individu zaman modern yang telah dijadikan sembahan oleh sebagian manusia.

  1. Mahatma Gandhi

Penyembahan dan pemujaan terhadap Mahatma Gandhi yang asalnya hanya merupakan tokoh gerakan kemerdekaan bagi negara India terjadi di beberapa tempat di negara tersebut.

Di antaranya seperti di Odisha, salah satu negara bagian di India. Di sana terdapat dua kuil yang mempunyai patung Mahatma Gandhi yang disembah oleh penduduk setempat. Satu kuil terletak di kota Sambalpur yang merupakan kuil khas yang memang dibuat untuk penyembahan terhadap Mahatma Gandhi. Satu kuil lainnya terletak di kota Ganjam, di mana patung Mahatma Gandhi diletakkan dalam kamar penyembahan khusus untuknya.

Selain di Odisha, Mahatma Gandhi juga disembah di sebuah kampung yang bernama Kedaripuram, di kota Srikakulam, Andhra Pradesh. Mereka menyembah Mahatma Gandhi dengan tujuan agar mereka bisa mendapatkan hasil tanaman yang banyak.

  1. Bunda Teresa

Teresa merupakan seorang biarawati Katolik yang terkenal dengan kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaannya di India sejak awal kemerdekaan negara tersebut. Teresa diangkat sebagai sembahan oleh sebagian penganut Hindu di kota Kolkata, Benggala Barat, India.

Teresa dianggap oleh mereka sebagai salah satu dewi di kota Kolkata. Selain itu, patungnya juga diletakkan bersama dengan patung-patung dewi Hindu yang lain dalam festival Durga Puja, di mana festival tersebut merupakan festival khusus pemujaan terhadap dewi-dewi Hindu Durga.

  1. Jose Rizal

Jose Rizal merupakan salah seorang tokoh nasionalisme Filipina. Kedudukan Jose Rizal telah diangkat dengan luar biasa oleh sebagian penduduk Filipina hingga sampai pada derajat Tuhan.

Golongan yang fanatik dengan Jose Rizal ini telah mewujudkan gerakan agama baru yang dinamakan dengan Rizalista, dengan menggabungkan elemen-elemen agama Kristian Katolik dengan kepercayaan-kepercayaan mereka terhadap Jose Rizal. Pada hari ini, sistem kepercayaan Rizalista ini bertebaran di seluruh Filipina, dan penganutnya mempunyai gereja-gereja tersendiri.

  1. Donal Trump

Pemujaan dan penyembahan terhadap manta Presiden Amerika Serika Donald Trump telah dilakukan oleh seorang laki-laki India bernama Bussa Krishna yang tinggal di wilayah Jangoan, Telangana, India. Dia merupakan seorang pemuja garis keras Donald Trump, dan telah membangun patung Donald Trump di rumahnya. Setiap pagi, dia melakukan upacara sembahyang kepada patung tersebut.

Namun, dikabarkan bahwa Bussa dikatakan telah mengalami depresi dan kehilangan selera makan ketika dikabarkan bahwa Donald Trump terjangkit virus Covid-19. Dia dikabarkan meninggal sepuluh hari kemudian disebabkan gagal jantung.

  1. Narendra Modi

Perdana Menteri India, Narendra Modi, turut menjadi salah satu manusia yang disembah oleh sebagian manusia pada hari ini. Menurut The Indian Times, politikus ini telah disembah oleh pengikut fanatiknya sejak tahun 2004 menggunakan gambar-gambar dirinya. Pada tahun 2015, pengikutnya kemudian membangun sebuah kuil khas untuknya di Rajkot, Gujerat, India.

  1. Haile Selassie

Haile Selassie merupakan seorang raja dari negara Ethiopia yang diangkat dan dipuja menjadi Tuhan oleh orang berkulit hitam di Jamaika. Golongan yang menyembahnya adalah penganut Rastafari yang memimpikan pembebasan dari belenggu penindasan orang berkulit putih.

  1. Diego Maradona

Mantan pemain bola Argentina, Diego Maradona, ia telah dipuja oleh sebagian pengikutnya yang fanatik, sampai-sampai mereka membuat gereja khusus untuk yang menyembahnya.

  1. Rajinikanth

Aktor film Rajinikanth juga turut menjadi orang yang disembah oleh penggemarnya yang fanatik. Penggemarnya tidak lagi menganggapnya sebagai manusia, akan tetapi menganggapnya sebagai Tuhan, sehingga penggemarnya pun mendirikan kuil baginya.

  1. Amitabh Bachchan

Amitabh Bachchan merupakan seorang aktor karismatik dari India, dan merupakan aktor Bollywood yang terkenal. Penggemar yang fanatik terhadapnya telah membuat kuil di Kolkata, India untuk menyembahnya, dia dipuja dan dianggap sebagai Tuhan oleh sebagian penggemarnya.

Penyembahan terhadap manusia karena ta’ashub dan perasaan cinta yang berlebih bukanlah suatu perkara yang hanya berlaku pada masa lampau saja, bahkan perkara ini berlaku sampai saat ini. Oleh karena itu, Islam telah melarang kita untuk bersifat melampaui batas dalam mencintai manusia, bahkan terhadap Nabi Muhammad ﷺ. Nabi Muhammad ﷺ telah menegaskan dalam sebuah sabdanya,

لاَ تُطْرُونِي، كَمَا أَطْرَتْ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ، فَإِنَّمَا أَنَا عَبْدُهُ، فَقُولُوا عَبْدُ اللَّهِ، وَرَسُولُهُ

Janganlah kalian melampaui batas dalam memujiku (mengkultuskan) sebagaimana orang Nasrani telah melampaui batas dalam memuji Isa putra Maryam. Sesungguhnya aku hanyalah hamba-Nya, maka katakanlah, ‘Hamba Allah dan Rasul-Nya’.” (HR. Bukhari No. 3445)