Tafsir Surat Maryam Ayat-83

83. أَلَمْ تَرَ أَنَّآ أَرْسَلْنَا ٱلشَّيَٰطِينَ عَلَى ٱلْكَٰفِرِينَ تَؤُزُّهُمْ أَزًّا

a lam tara annā arsalnasy-syayāṭīna ‘alal-kāfirīna ta`uzzuhum azzā
83. Tidakkah kamu lihat, bahwasanya Kami telah mengirim syaitan-syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka berbuat maksiat dengan sungguh-sungguh?,

Tafsir:

Tatkala mereka berpaling dari Allah ﷻ, Allah ﷻ pun mengirim setan kepada mereka, sehingga mereka percaya sepenuhnya kepada setan-setan tersebut. Akhirnya, setan-setan itu menjadi wali-wali mereka dan mendorong mereka untuk melakukan kemaksiatan, kemungkaran, dan kesyirikan. Bahkan sampai pada tingkat jika mereka tidak melakukannya, setan akan membuat mereka merasa gelisah([1]).

Itulah yang dirasakan oleh sebagian orang, yaitu ketika dia tidak melakukan kemaksiatan, maka dia akan merasa gelisah. Apabila tidak menyakiti orang yang beriman, maka dia akan menjadi gelisah. Setan membuat mereka gelisah jika tidak melakukan kemaksiatan dan akan merasa tenang setelah melakukan kemaksiatan dan kekufuran. Inilah balasan bagi orang yang berpaling dari kitab Allah, bahwa dia akan didekatkan kepada ajaran sesat yang telah dihiasi oleh setan.

________
Footnote:

([1]) Lihat: Tafsir Al-Qurthubi 11/150