Tafsir Surat Adz-Dzariyat Ayat-21

21. وَفِىٓ أَنفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ

wa fī anfusikum, a fa lā tubṣirụn
21. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

Tafsir :

Ayat ini menjelaskan kehebatan dan keagungan ciptaan Allah di alam semesta ini, khususnya di dalam tubuh manusia. Jika membicarakan tentang keadaan orang-orang tempo dulu, dimana hidup mereka jauh dari teknologi atau alat-alat canggih dalam ilmu medis. Mereka hanya mampu mengetahui bagaimana proses penciptaan manusia. Dari setetes air mani yang bertemu dengan ovum di dalam rahim wanita, lalu menjadi janin, kemudian bertahap menjadi bayi. Setelah itu bayi tersebut dilahirkan ke dunia. Seorang bayi yang tidak mampu berbuat apapun, lalu dia merangkak dan tumbuh besar hingga dia bisa berfikir dan menjadi manusia yang cerdas dan gagah. Setelah melewati tahap itu dia mulai menua dan melemah kekuatan tubuhnya. Hal ini menunjukkan salah satu contoh dari ciptaan Allah. Yang demikian itu menunjukkan bahwa semua perubahan-perubahan yang ada di alam semesta ini ada yang mengaturnya.

 Apabila membicarakan zaman sekarang, maka zaman semakin maju dan canggih lagi, dimana banyak sekali teknologi dan alat canggih yang ditemukan para ilmuwan. Mereka bisa melihat kecanggihan ciptaan Allah berupa indera mata yang diberikan kepada manusia. Betapa banyak saraf yang terdapat pada mata seseorang. Jika satu saraf saja terputus, maka akan ada banyak hal yang terganggu di dalam pandangannya. Ada sebagian orang mengalami buta warna. Mereka tidak mampu melihat warna-warna tertentu; karena salah satu saraf mata yang berkaitan dengan warna tersebut bermasalah. Ada juga sebagian orang yang apabila di siang hari tidak mampu melihat dengan jelas ataupun sebaliknya dan beberapa masalah-masalah lainnya.

Begitu juga halnya, jika berbicara tentang kecanggihan ciptaan Allah berupa jantung, maka dia akan melihat kehebatan pada ciptaan Allah. Bisa jadi seseorang bertanya kepada dokter atau ilmuwan ahli dalam membahas anatomi tubuh manusia tentang hebatnya tubuh manusia, maka dia akan menemukan kehebatan-kehebatan lain dari ciptaan Allah.