Tafsir Surat Ar-Rahman Ayat-10

10. وَٱلْأَرْضَ وَضَعَهَا لِلْأَنَامِ

wal-arḍa waḍa’ahā lil-anām
10. Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk(Nya).

Tafsir :

Ayat ini menyebutkan diantara nikmat Allah yang lain. Allah telah menciptakan bumi di alam ini. Dia meletakkannya, memudahkannya dan menyiapkannya bagi manusia. Begitu juga bagi hewan-hewan ternak. Ini merupakan dalil bahwa bumi Allah persiapkan untuk manusia([1]). Oleh karena itu, manusia tidak bisa hidup normal di luar bumi dan itu tidak akan mungkin. Apalagi Allah berfiman:

قَالَ اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚوَلَكُمْ فِى الْاَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ. قَالَ فِيْهَا تَحْيَوْنَ وَفِيْهَا تَمُوْتُوْنَ وَمِنْهَا تُخْرَجُوْنَ ࣖ

“(Allah) berfirman, “Turunlah kamu! Kamu akan saling bermusuhan satu sama lain. Bumi adalah tempat kediaman dan kesenanganmu sampai waktu yang telah ditentukan. (Allah) berfirman, “Di sana kamu hidup, di sana kamu mati, dan dari sana (pula) kamu akan dibangkitkan.”  (Al-A’raf: 24-25)

Maksudnya adalah bahwa di bumilah manusia akan hidup. Allah mendahulukan firmannya dengan jar majrur (فِيْهَا تَحْيَوْنَ). Di dalam kaedah Bahasa arab, hal ini memberikan faedah pembatasan. Artinya hanya di atas muka bumilah, manusia dapat hidup, hanya di atas bumilah manusia akan meninggal dunia dan hanya dari bumilah, manusia akan dibangkitkan. ([2])

Syaikh Shalih ibnu Utsaimin pernah ditanya: “Apakah seseorang bisa ke planet Mars? Apakah seseorang bisa ke bulan? Maka jawabannya adalah tidak ada dalil yang melarang seseorang untuk pegi ke suatu planet di luar angkasa dan hal itu bisa saja terjadi.Tetapi, tidaklah mungkin untuk hidup normal disana. Hidup yang normal bagi manusia hanya di atas muka bumi.

Disebutkan bahwa jika seseorang hendak ke ruang angkasa, maka dia harus memakai baju astronot. Padahal, satu buah baju astronot berharga 150 milyar. Karena baju-baju tersebut memiliki sifat-sifat khusus, kuat dan tahan dalam suhu dengan derajat yang tinggi ataupun rendah, terdapat oksigen dan dengan berbagai macam spesifikasi tertentu. Maka, bagaimana mungkin manusia dapat hidup di bulan, planet mars atau planet-planet yang lain

Jadi, bumi merupakan tempat tinggal manusia. Karena bumi tersebut Allah ciptakan untuk mereka.

___________________

Footnote :

([1]) Lihat: Tafsir Ath-Thabariy 22/16.

([2]) Lihat: At-Tahrir Wa At-Tanwir 8/71.