Tafsir Surat al-Mursalat Ayat-43

43. كُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ هَنِيٓـًٔۢا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

kulụ wasyrabụ hanī`am bimā kuntum ta’malụn
43. (Dikatakan kepada mereka): “Makan dan minumlah kamu dengan enak karena apa yang telah kamu kerjakan”.

Tafsir :

Ayat ini merupakan dalil bahwa tidak mungkin seseorang masuk surga kecuali dengan melakukan sebab. Dan di antara sebab seseorang masuk surga adalah beramal saleh ([1]). Allah ﷻ itu Maha Adil, Dia akan memberikan balasan sesuai kadar amalan seseorang. Allah ﷻ berfirman,

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِمَّا عَمِلُوا وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

Dan masing-masing orang ada tingkatannya, (sesuai) dengan apa yang mereka kerjakan. Dan Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am : 132)

Maka janganlah kita malas dalam beramal saleh, karena sesungguhnya Allah ﷻ tidak akan menyamakan di antara kita. Sungguh berbeda balasan bagi orang yang sedekahnya banyak dan orang yang sedekahnya sedikit. Akan berbeda balasan bagi orang yang baca Alqurannya banyak dan orang yang baca Alqurannya sedikit. Oleh karenanya kita akan dimasukkan Allah ﷻ dengan rahmat-Nya, akan tetapi dengan sebab amal saleh itulah yang dijadikan Allah ﷻ barometer untuk membedakan hamba-Nya di akhirat kelak.

Dan firman Allah azza wa jalla “Sungguh demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik” untuk menambah rasa bahagia dalam hati orang-orang yang beriman, yang mana ini semua adalah bentuk penghargaan atas usaha mereka. Tentu seseorang apabila diberi sesuatu dan diungkit-ungkit kebaikannya pasti akan merasa bangga dan bahagia. ([2])

______________________

Footnote :

([1])  Lihat: Fathul Qadir 5/435

([2])  Attahrir Wa Attanwir, 29/444