Quran Surat Al-Ma’un Ayat-5

الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

Latin: alladziina hum ‘an shalaatihim saahuuna

Arti: “Yaitu orang-orang yang lalai terhadap shalatnya”

Tafsir Quran Surat Al-Ma’un Ayat-5

Ayat ini merupakan penjelasan dari ayat ke-4

سَاهُونَ  dalam bahasa Arab artinya lupa yaitu yang lalai dalam mengerjakan shalat. Termasuk di dalamnya, orang-orang yang shalat keluar dari waktunya tanpa ada udzur. Termasuk pula orang yang menundanya sampai di penghujung waktu. Seperti seseorang yang sengaja melaksanakan shalat ashar di waktu menjelang maghrib tanpa ada udzur. Shalat seperti ini adalah shalat orang munafiq. Nabi bersabda:

تِلْكَ صَلاَةُ الْمُنَافِقِ يَجْلِسُ يَرْقُبُ الشَّمْسَ حَتَّى إِذَا كَانَتْ بَيْنَ قَرْنَىِ الشَّيْطَانِ قَامَ فَنَقَرَهَا أَرْبَعًا لاَ يَذْكُرُ اللَّهَ فِيهَا إِلاَّ قَلِيلاً

“Ini adalah shalat orang munafik. Ia duduk hingga matahari berada antara dua tanduk setan. Lalu ia mengerjakan shalat Ashar empat raka’at. Ia hanyalah mengingat Allah dalam waktu yang sedikit.” (HR Muslim no. 622)

Mereka adalah orang yang shalat, tetapi shalat mereka tidak benar sehingga mereka dicela oleh Allah. Bahkan sebagian ulama menyebutkan bahwasanya termasuk yang dicela dalam ayat ini adalah orang yang shalat namun tidak khusyu’. Khusyu’ dalam shalat merupakan perkara yang tidak berat, sehingga yang tercela adalah yang sengaja untuk tidak khusyu’ dan pergi membawa pikirannya keluar dari shalat. (lihat Tafsir Juz ‘Amma, Ibnu al-‘Utsaimin hal 327). Meskipun yang lebih tepat adalah ayat ini berkaitan dengan orang-orang munafik. Tetapi tetapi barang siapa yang memiliki kelalaian dari shalatnya maka dia mendapatkan bagian cercaan dalam ayat ini. Kalau kelalaiannya sempurna maka sempurna pula kemiripannya dengan orang munafik, tetapi semakin sedikit kelalaiannya maka semakin sedikit pula dia mendapat cercaan dari ayat ini.