Tafsir Surat Maryam Ayat-97

97. فَإِنَّمَا يَسَّرْنَٰهُ بِلِسَانِكَ لِتُبَشِّرَ بِهِ ٱلْمُتَّقِينَ وَتُنذِرَ بِهِۦ قَوْمًا لُّدًّا

fa innamā yassarnāhu bilisānika litubasysyira bihil-muttaqīna wa tunżira bihī qaumal luddā
97. Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.

Tafsir:

Kemudian firman Allah,

﴿فَإِنَّمَا يَسَّرْنَاهُ بِلِسَانِكَ لِتُبَشِّرَ بِهِ الْمُتَّقِينَ وَتُنْذِرَ بِهِ قَوْمًا لُدًّا ، وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنْ قَرْنٍ هَلْ تُحِسُّ مِنْهُمْ مِنْ أَحَدٍ أَوْ تَسْمَعُ لَهُمْ رِكْزًا﴾

“Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang. Dan berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar?” (QS. Maryam: 97-98)

Ayat ini adalah hiburan untuk Nabi ﷺ, dan juga siapa saja yang mendakwahkan agama Islam dan risalah Allah ﷻ setelah beliau ﷺ, untuk tetap tegar dalam berdakwah, karena kemenangan akan Allah ﷻ berikan kepada hamba-Nya yang beriman, dan mereka yang ingkar nan membangkan pastilah akan berakhir dengan kebinasaan.

Ini juga merupakan ancaman bagi kaum kafir Quraisy atas pembangkangan mereka, bahwa betapa banyak umat terdahulu yang jauh lebih hebat dari mereka, telah Allah ﷻ binasakan akibat pembangkangan dan pengingkaran mereka terhadap peringatan yang Allah ﷻ turunkan, seperti kaum ‘Ad, Tsamud, Madyan, kaum Luth, kaum Fir’aun, dan yang lainnya.