Tafsir Surat An-Najm Ayat-50

50. وَأَنَّهُۥٓ أَهْلَكَ عَادًا ٱلْأُولَىٰ

wa annahū ahlaka ‘ādanil-ụlā
50. dan bahwasanya Dia telah membinasakan kaum ‘Aad yang pertama.

Tafsir :

Dalam ayat ini Allah menyifati kaum ‘Ad dengan  الأُولَىyaitu “yang pertama”, terdapat tiga pendapat dalam masalah ini, pendapat yang pertama bahwasanya kaum ‘Ad yang kedua adalah Tsamud, karena kaum Tsamud adalah keturunan kaum ‘Ad sehingga untuk membedakan kaum ‘Ad yang merupakan kaumnya Nabi Hud dikatakan  عَادًا ۨالْاُوْلٰىۙ adapun untuk kaumnya Nabi Sholeh  Kaum Tsamud  maka disebut dengan  ثَمُود.([1])

Adapun menurut pendapat kedua disifati dengan  الْاُوْلٰىۙ karena dia adalah kabilah Arab dari Arab Al Baidah yang pertama([2]), karena Kabilah Arab terbagi menjadi tiga :

  1. Al ‘Arob al baaidah yaitu arab yang sudah punah di antaranya adalah suku ‘Ad dan Tsamud dan yang paling pertama dari suku-suku tersebut adalah ‘Ad.
  2. Al ‘Arob Al ‘Aribah adalah arab yang asli dari Qohthon dari negeri Yaman.
  3. Al ‘Arob Al Musta’robah yaitu keturunan Nabi Ismail ‘alaihissalam seperti suku Qurays yang mana dia adalah percampuran antara suku Arab dan sukunya Nabi Ismail ‘alaihissalam.

Pendapat yang ketiga karena dia adalah suku yang waktu itu paling hebat di antara suku-suku yang ada karena mereka diberi kekuatan tubuh yang luar biasa([3]), sampai mereka mengatakan sebagaimana dikisahkan oleh Allah, dimana mereka berkata dengan sombong

مَنْ أَشَدُّ مِنَّا قُوَّة ؟

“Siapa yang lebih kuat dari kami?” (QS Fushilat ayat 15)

___________________

Footnote :

([1]) Lihat Tafsir Al Qurthuby 17/120.

([2]) Lihat At Tahrir 27/153.

([3]) Lihat At Tahrir 27/153