Tafsir Surat An-Najm Ayat-39

39. وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

wa al laisa lil-insāni illā mā sa’ā
39. dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.

Tafsir :

Adalah termasuk di dalamnya juga amalan yang dia kerjakan secara langsung atau amalan kebaikan yang timbul dengan dia sebagai perantaranya atau dia sebagai sebabnya, karena amalan tersebut termasuk dari apa yang dia usahakan.  Misalnya seorang berdakwah akhirnya orang lain mendapat hidayah kemudian sholat, baca Al-Quran dan semisalnya maka pahalanya akan mengalir juga kepadanya karena ia telah menjadi sebab orang tersebut mendapatkan hidayah. Di antaranya seperti sabda Nabi ﷻ ,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang saleh”([1]).

Di antara contoh sedekah jariyah adalah pembangunan masjid. Ketika seseorang membangun masjid kemudian masjid tersebut digunakan untuk sholat, baca Al-Quran, berdzikir, kajian dan lain sebagainya maka pahalanya akan mengalir kepada orang tersebut karena itu merupakan apa yang dia usahakan.

Di antara contoh ilmu yang bermanfaat adalah wakaf ilmu seperti yang dilakukan oleh para ulama ketika mereka mengarang buku-buku dan buku-buku tersebut kemudian dibaca berabad-abad ada yang ditulis dari abad ke dua dan dibaca sampai sekarang dan terus menerus memberikan manfaat  maka pahalanya akan terus mengalir kepada mereka. selayaknya jika seseorang tidak bisa mewakafkan harta hendaknya dia mewakafkan ilmu.

Adapun anak saleh yang mendoakan orang tuanya, karena anak yang sholeh merupakan usaha kita, usaha didikan kita, sebagaimana sabda Nabi ﷺ,

إِنَّ أَطْيَبَ مَا أَكَلْتُمْ مِنْ كَسْبِكُمْ، وَإِنَّ أَوْلاَدَكُمْ مِنْ كَسْبِكُمْ

“Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian makan ialah (berasal) dari usaha kalian, dan sesungguhnya anak-anak kalian adalah (hasil) dari usaha kalian([2]).

Oleh karenanya jika anak-anak kita didik kemudian menjadi anak yang sholih dan mendoakan kita niscaya pahalanya akan terus mengalir kepada kita.

_____________________

Footnote :

([1]) HR. Muslim 1631.

([2]) HR. Abu Daud no.3528 dan dinilai sahih oleh Al-Albani