Tafsir Surat Ar-Rahman Ayat-62

62. وَمِن دُونِهِمَا جَنَّتَانِ

wa min dụnihimā jannatān
62. Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi

Tafsir :

Di dalam ayat ini terdapat khilaf ulama tentang maksud dari dua surga yang lain itu. Sebagian mereka mengatakan bahwa orang yang takut kepada Allah akan mendapatkan empat surga, yaitu dua surga dengan suatu bentuk untuk dirinya dan tambahan dua surga yang lain dengan bentuk yang berbeda. Ada juga yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan empat surga adalah dua surga yang tinggi dan dua surga lain sedikit rendah atau turun. Intinya empat surga tersebut menjadi miliknya seutuhnya.

Dan maksud yang lebih tepat adalah bahwa dua surga ini diperuntukkan bagi orang-orang yang derajatnya di bawah. Hal ini disebabkan karena surga itu bertingkat-tingkat. Seperti kedudukan orang-orang yang berjihad di jalan Allah, mereka memiliki derajat yang bertingkat-tingkat,

إِنَّ فِي الجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ، أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ

“Sesungguhnya di surga ada seratus tingkatan yang Allah siapkan bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah, jarak antara dua tingkatan itu seperti jarak antara langit dan bumi.”([1])

Hadits ini memiliki hubungan makna dengan ayat yang telah disebutkan sebelumnya. Artinya surga memiliki tingkatan. Allah menyebutkan dua bentuk surga yang berbeda tingkatannya. Tingkatan pertama sebagaimana yang disebutkan dalam ayat ini adalah khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang istimewa, yaitu:

وَالسَّابِقُونَ السَّابِقُونَ. أُولَئِكَ الْمُقَرَّبُونَ. فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ

“Dan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang dekat (kepada Allah). Berada dalam surga kenikmatan. (QS. Al-Waqi’ah: 10-12)

Dan tingkatan yang kedua adalah orang-orang yang Allah sebutkan dalam firmanNya:

لِأَصْحَابِ الْيَمِينِ

“Untuk golongan kanan.” (QS. Al-Waqi’ah: 38)

Yaitu orang-orang yang mulia yang menjadi penghuni surga, namun, derajat mereka masih berada di bawah tingkatan yang pertama. Mereka adalah para penghuni surga yang terdapat dalam firman Allah,

وَمِنْ دُونِهِمَا جَنَّتَانِ

Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi.

Artinya dua surga yang kedudukannya berada di bawah.([2])

Syaikh As-Sa’diy mengatakan dua surga yang berada di atas diperuntukkan bagi orang-orang yang istimewa dan dua surga yang disebutkan dalam ayat ini diperuntukkan untuk penghuni surga secara umum.([3])

____________________

Footnote :

([1]) H.R. Bukhari no.2790

([2]) Lihat: At-Tahrir Wa At-Tanwir Li Ibnu ‘Asyur 27/272.

([3]) Lihat: Tafsir As-Sa’diy hal.831.