Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat-61

61. عَلَىٰٓ أَن نُّبَدِّلَ أَمْثَٰلَكُمْ وَنُنشِئَكُمْ فِى مَا لَا تَعْلَمُونَ

‘alā an nubaddila amṡālakum wa nunsyi`akum fī mā lā ta’lamụn
61. untuk menggantikan kamu dengan orang-orang yang seperti kamu (dalam dunia) dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.

Tafsir :

Artinya jika Allah Subhanahu wa ta’ala berkehendak untuk mematikan mereka dan mengganti mereka dengan manusia yang lain, maka tentu Allah Subhanahu wa ta’ala mampu untuk melakukannya. Bahkan Allah Subhanahu wa ta’ala mampu untuk membangkitkan mereka dalam kondisi yang mereka tidak ketahui.

Sebagian ulama mengatakan bahwa ini adalah dalil yang menunjukkan manusia akan dibangkitkan dengan jenis yang baru. Oleh karenanya penghuni neraka Jahannam ketika dibangkitkan akan menjadi lebih kuat, yaitu kuat untuk dijemur di bawah terik matahari yang berjarak satu mil dalam kurun waktu 50.000 tahun tanpa mati, mereka bisa melihat Iblis dan malaikat, kemudian di neraka mereka dibakar namun tidak akan mati. Intinya mereka akan diberi jasad yang baru agar mereka bisa merasakan siksaan Allah Subhanahu wa ta’ala. Demikian pula penghuni surga, mereka akan dibangkitkan dengan wajah yang baru, sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ

Pada hari itu ada wajah yang putih berseri, dan ada pula wajah yang hitam muram.” (QS. Ali-‘Imran : 106)

Laki-laki yang masuk surga akan dijadikan tampan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, dan wanita-wanita yang masuk surga akan dijadikan semakin cantik jelita. ([1])

____________________

Footnote :

([1]) Lihat: I’rabul Qur’an Li An-Nahhas 4/226