Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah

Pertama

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillaah.

“Dengan nama Allah.” ([1])

Kedua

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ

As-salaamu ‘alaikum.

“Semoga keselamatan atas kalian.” ([2])

______________________________________

([1]) Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah bahwasanya dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ ”

“jika seseorang masuk rumahnya kemudian ia menyebut nama Allah ketika memasukinya dan ketika makan, maka setan akan berkata (kepada kawanannya), ‘tidak ada tempat tidur dan makanan untuk kalian,’ tapi jika seseorang masuk dan menyebut nama Allah ketika masuk, maka setan akan berkata, ‘kalian dapat tempat tidur,’ dan jika ia tidak menyebut nama Allah juga ketika makan, sungguh setan berkata, ‘selamat, kalian dapat tempat menginap dan makan malam.” (HR. Muslim no. 2018)

Adapun doa yang ma’ruuf

بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

(HR Abu Daud no 5096), maka haditsnya diperselisihkan oleh para ulama. Sebagian ulama menghasankannya, seperti Ibnu Muflih dan Ibnu Baaz (Majmuu Fatawaa 26/35), dan sebagian yang mendoifkannya. Syaikh Al-Albani dahulunya menshahihkan hadits ini (di as-Shahihah no 225) lantas kemudian beliau berubah pikiran dan medhoífkan hadits ini karena ada ingqithoo’ (terputus sanadnya antara Syuraih bin Úbaiid dan Abu Maalik al-Asyári radhiallahu ánhu) (Lihat Ad-Dhoíifah 12/731-732)

([2]) HR. At-Tirmidzy no. 2698 dan beliau katakan hadits ini hasan ghorib, dan Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shohih. (lihat: Shohih Al-Adab Al-Mufrad 1/423)

Dan disebutkan dalam kelanjutan hadits ini bahwa salam yang diucapkan akan menjadi sebab bertambahnya keberkahan kepadanya dan kepada keluarganya.