Tafsir Surat As-Sajdah Ayat-21

21. وَلَنُذِيقَنَّهُم مِّنَ ٱلْعَذَابِ ٱلْأَدْنَىٰ دُونَ ٱلْعَذَابِ ٱلْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

wa lanużīqannahum minal-‘ażābil-adnā dụnal-‘ażābil-akbari la’allahum yarji’ụn
21. Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar).

Tafsir :

Di dalam ayat ini, Allah ﷻ membedakan antara الْعَذَابِ الْأَدْنَى ‘azab yang dekat’ dengan الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ ‘azab yang lebih besar’.  Para ulama sepakat bahwa yang dimaksud dengan azab yang lebih besar adalah azab neraka Jahanam. Adapun الْعَذَابِ الْأَدْنَى ‘azab yang dekat’ para ulama berselisih pendapat. Sebagian ulama mengatakan bahwa yang dimaksud adalah azab dunia dan sebagian ulama yang lain mengatakan azab di alam barzakh, semua ini merupakan azab yang disegerakan. Akan tetapi pendapat yang menyatakan bahwa “azab yang dekat” adalah “azab kubur” kuranglah tepat, hal ini karena setelah itu Allah mengatakan لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ “agar mereka kembali ke jalan yang benar”, karena jika sudah masuk alam barzakh/kubur tidak akan mungkin kembali lagi.

Di antara azab yang dirasakan oleh orang-orang kafir di dunia adalah mereka pernah mengalami kemarau dan kelaparan yang berkpanjangan. Diantaranya juga adalah kekalahan mereka ketika berperang melawan pasukan kaum muslimin, seperti yang terjadi di dalam perang Badr di mana mereka terkalahkan, binasa lagi terhina, ataupun mereka ditaklukan ketika Fathu Makkah([1]).

Firman Allah ﷻ,

لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Semua azab yang mereka rasakan di dunia bertujuan agar mereka sadar. Yang terbunuh dari kalangan mereka di dalam peperangan, maka urusannya telah selesai. Adapun yang masih hidup dan selamat dari mereka, agar mereka mengambil pelajaran dan sadar dengan apa yang telah terjadi, sehingga kembali kepada Allah ﷻ.([2])

Ini dalil bahwasanya ada azab yang disegerakan di dunia ada juga azab yang lebih besar dari itu, yaitu azab neraka Jahanam.

__________________

Footnote :

([1]) Jika yang dimaksud dengan azab yang dekat adalah kematian sebagian mereka dalam perang Badar atau karena sebab-sebab yang lain, maka firman Allah لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ “agar mereka kembali” adalah agar sebagian mereka yang selamat bisa sadar. (Lihat: Tafsir Al-Qurthubi 14/107)

([2]) Lihat: At-Tahriir Wa At-Tanwir 21/233